Bila Cylinderhead Sudah Bermasalah

Overheat Mesin Starlet Bikin Cylinderhead Melengkung
Siapapun pemilik starlet, pastinya sangat takut bila mesin mengalami overheat. Overheat mesin terjadi disebabkan kegagalan sistem pendingin mesin, bisa berasal dari radiator bocor, kipas elektrik mati, ataupun pompa air rusak.

Gejala overheat selalu terjadi secara tiba-tiba dan tidak pernah bisa diperkirakan atau dihindarkan sebelumnya. Sebetulnya pengecekan rutin bisa mengurangi gejala overheat dengan cara servis radiator, ganti motor kipas elektrik, atau pompa air. Dari sekian banyak kasus overheat biasa terjadi disebabkan oleh kebocoran atau mampetnya sirkulasi air di dalam radiator hingga menyebabkan panas berlebih saat mesin bekerja. Saat gejala overheat terjadi segera pinggirkan kendaraan dan matikan mesin dan biarkan mesin dingin dengan sendirinya. Setelah cukup dingin segera periksa air didalam radiator, bila kurang segera tambahkan.




Kerusakan Cylinderhead bisa juga disebabkan oleh pelumas yang kurang baik atau oli mesin kurang, hingga oli tidak mampu menjangkau dan melumasi bagian poros penggerak klep. Bila kondisi ini dibiarkan terlalu lama akan sebabkan tingkat keausan yang tinggi pada lubang-lubang batang klep dan juga poros cam yang akibatkan bunyi mesin sangat kasar sekali.

Bila sudah dilakukan servis akan tetapi masih juga mengalami kebocoran atau mesin kasar, bisa dengan cara mengganti dengan cylinderhead copotan eks-singapore yang rata-rata memiliki umur dibawah lima tahun. Penggantian cylinder head eks singapore tentu lebih murah bila harus membeli satu persatu komponen yang ada pada bagian ini tentunya.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Paket Ganti Kopling - Tuning - AC

Harga Paket Lebih Murah
Usia mobil yang sudah lebih dari 10 tahun tentunya membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih baik agar usia pakai mobil bisa dipertahankan.

Salah satu komponen vital sebuah mobil adalah kopling. Komponen ini bertugas memindahkan tenaga mesin ke tenaga roda agar mobil dapat meluncur dengan sempurna. Kerusakan atau keausan yang terjadi pada komponen kopling ini sudah pasti akan mengganggu kemampuan mesin memindahkan tenaga ke penggerak roda depan toyota starlet. Tanda-tanda kopling sudah harus diganti apabila seringkali mengalami slip kopling saat mesin ber-akselerasi kopling tidak mampu meneruskan dengan sempurna, dan akhirnya tenaga mesin sia-sia yang akibatkan pemborosan. Gejala lain adalah pedal kopling terasa berat dan bergetar saat berada dalam kemacetan, semakin macet jalanan maka kopling semakin terasa bergetar dan tuas persneling kadang sulit untuk dipindah. Keluhan tersebut sudah menandakan harus turun dan ganti kopling.



Turun kopling atau turun gearbox memerlukan waktu yang tidak sebentar, karena seluruh bagian harus dibongkar, seperti dua as roda dan kedua buah engine mounting. Pengerjaan turun kopling membutuhkan waktu antara 4-5 jam agar hasil pekerjaan lebih baik dan rapih.


Paket turun kopling ini sudah meliputi penggantian plat kopling, dekrup, laher dekrup dan seal kruk as mesin belakang sudah termasuk jasa pengerjaan.

Paket Service Besar A/C Starlet
A/C mobil adalah termasuk bagian vital dari sebuah kendaraan. A/C yang bekerja baik akan menambah unsur kenyamanan dan keamanan berkendara apalagi pada saat cuaca terik dan kondisi macet, A/C mutlak sangat diperlukan.
Bila sudah mengalami gejala A/C sudah kurang bisa menyalurkan udara dingin, berbau tidak sedap, sudah waktunya melakukan servis besar A/C.


Paket Servis Besar A/C meliputi pencucian Evaporator, penggantian ekspansi valve dan penggantian dryer. Komponen ini memiliki umur kerja sekitar 3-5 tahun tergantung kondisi kendaraan.


Selain komponen diatas komponen karet seal juga harus diganti, menjamin pipa saluran A/C tidak bocor yang bisa akibatkan freon berkurang dalam waktu singkat. Selama kompresor A/C masih bisa bekerja dengan baik, servis besar dapat dilakukan dengan harga yang lebih murah. Waktu pengerjaan servis besar A/C berkisar antara 5-6 jam, tergantung kondisi kendaraan.

Dengan pejelasan singkat diatas, paling tidak bisa memutuskan apakah A/C mobil sudah waktunya di perbaiki kembali, dan juga mengetahui penyebabnya.


Salam Starleters,
021-32929696

Tuning Semi Sport plus Bubble Water Injection

Toyota Starlet 1.3SEG '95
Aplikasi Bubble Water Injection dan Tuning Semi Sports akan menghasilkan sinergi meningkatkan tenaga mesin yang cukup signifikan.

Bubble water injection bekerja secara permanen dan konstan pada saat mesin dalam keadaan idle/stasioner sekalipun. Bubble Water Injection sudah mulai bekerja sejak putaran mesin masih dibawah, dan menghasilkan tarikan yang lebih spontan, plus tuning semi sports yang bekerja saat putaran mesin mulai dari 4000RPM, hasilnya tarikan mesin lebih dahsyat sejak putaran bawah.



Gejala mesin menyendat yang pada aplikasi water injection memang kadang terjadi dan menandakan water injection sudah mulai bekerja, akan tetapi dengan menggunakan tabung khusus gejala menyendat atau ndut-ndutan sudah sangat jauh berkurang dan tidak terasa saat pedal gas ditekan.

Mengatasi Mesin Menyendat Aplikasi Water Injection

Genjala menyendat biasanya disebabkan karena debit air A/C terlalu banyak masuk dan lubang bypass pembuangan air tidak bisa menyalurkan kelebihan suplai air ini, solusinya adalah memperbaiki posisi lubang bypass pembuangan agar selalu tegak lurus dan tidak bengkok, dan harus tetap ada kelebihan tetesan yang terbuang kejalan. Buat starleters yang memasang sendiri aplikasi bubble water injection, tapi masih menemui masalah mesin menyendat atau ndut-ndutan mohon kontak dan konsultasi dengan starno.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Perawatan Rutin Toyota Starlet

Perawatan Rutin Cegah Kerusakan Mesin
Toyota Starlet merupakan mobil yang membutuhkan biaya perawatan dan perhatian minim, mesin starlet termasuk bandel tidak mudah rusak. Walau begitu perawatan rutin berkala mampu menyelamatkan dan memperpanjang umur mesin selama bertahun-tahun.

Berikut Daftar Perawatan Rutin Berkala Toyota Starlet :

- Oli Mesin dan Filter Oli ganti setiap 5.000 kilometer
- Oli Persneling/Gearbox ganti setiap 15.000 kilometer
- Oli Power Steering ganti setiap 15.000 kilometer
- Busi ganti setiap 15.000 kilometer
- Timing Belt ganti setiap 45.000 kilometer
- Filter Bensin ganti setiap 30.000 kilometer
- Saringan Udara bersihkan setiap 3.000 kilometer ganti setiap 10.000 kilometer

Dengan melakukan perawatan rutin, starleters dapat menghemat biaya kerusakan penggantian komponen mesin, umur pakai mesin lebih lama, tenaga mesin selalu prima, pemakaian BBM lebih irit, dan mesin tidak pernah rewel.



Rekomendasi Oli, Busi dan Filter Mobil Starlet Bengkel Starno
Meskipun kini tersedia banyak oli berkualitas tinggi dijual dibanyak toko oli terkenal di jakarta, starno tetap merekomendasikan merek oli yang dipakai atas pertimbangan harga dan kualitas, berikut ini oli yang digunakan:
(harga oli mesin menurut informasi majalah autobild edisi des 2008)

- Oli Mesin "Total Oil Quarts 9000SM Fully Synthetic 5W-40" harga 85rb./liter.
- Oli Persneling "Mobil - Mobilube HD 80W-90" harga 65rb./liter
- Oli Power Steering "Mobil ATF/DM - Dexron" 55rb./liter
- Busi "NGK-BPR6EGP" harga 140rb./4 buah
- Saringan Udara Original Toyota 140rb.
- Saringan Oli Original Toyota 65rb.
- Filter Bensin Original Toyota 45rb.


Perhatian !
Untuk beberapa starleters rekomendasi oli bengkel starno dirasa kurang nyaman buat kantong, silahkan cari produk alternatif lain yang tetap memiliki kualitas bagus tapi dengan harga yang murah asal jangan yang murahan....nanti kualitas dikorbankan... ;)


Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan starleters.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Ukur Voltase Pengisian Dinamo Starlet

Cek Pengisian Dinamo Dengan Mengukur Voltase
Sistem kelistrikan mobil tidak lepas dari kinerja sebuah dinamo ampere. Dinamo ampere adalah sebuah alat pembangkit tenaga listrik yang digerakan langsung oleh poros mesin melalui sebuah van belt. Secanggih apapun mobil bila mengalami masalah pengisian pasti akan membuat sering ngadat, sulit di starter bahkan mogok sama sekali.

Modul Pengisian

Toyota starlet sudah menganut modul pengisian menggunakan IC (integrated circuit), alat ini sudah ter-integrasi dengan bodi dinamo ampere. Keuntungan menggunakan modul pengisian IC akan menghasilkan tegangan yang lebih konsisten dan akurat dibandingkan dengan alat "CUT OUT" atau "KETOT" yang masih digunakan oleh toyota era super kijang. Hampir seluruh mobil keluaran terbaru pasti menggunakan modul IC untuk sistem pengisian.

Tiga Macam Sumber Kerusakan

Dapat disimpulkan sumber kerusakan yang biasa terjadi pada dinamo ampere adalah sebagai berikut :
- Kerusakan Modul IC (Integrated Circuit)
- Kerusakan Brush/Batang Arang
- Kerusakan Gulungan Dinamo

Dari tiga macam sumber kerusakan yang tidak bisa diperbaiki adalah modul IC (Integrated Circuit), modul ini harus diganti baru jika rusak.

Rentang Voltase Pengisian Dinamo Ampere 13,5 - 15 Volts
Secara umum kita bisa mengukur kinerja pengisian dinamo ampere dengan menggunakan voltase meter atau multimeter digital sebagai berikut :

Tempatkan alat pengukur pada selektor pengukuran voltase DC pada satuan 20, pada multimeter digital

Buka kap mesin, tempatkan probe positif/merah pada kepala aki positif (+) dan probe negatif pada kepala aki negatif (-).

Hasil pengukuran saat mesin hidup stasioner tanpa beban listrik:



Hasil pengukuran saat mesin stasioner dan lampu besar depan dihidupkan:


Hasil pengukuran saat mesin stasioner lampu besar depan dan A/C dihidupkan:



Spesifikasi standard pengisian dinamo ampere normal untuk toyota starlet saat mesin hidup berkisar antara 13,5 - 15 volts. Bila hasil pengukuran diluar dari spesifikasi itu bisa dipastikan dinamo ampere mengalami masalah, lakukan servis secara dinamo ampere secara menyeluruh.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Toyota Starlet Full GT - 4EFTE - Mega Blow Off - Turbo Timer - Dashboard Climate GT - Rear Disc Brake

BU - For Sale Starlet GT Turbo Ready to Use.
Harga kepepet modal 60-an jeti

Buat maniak starleters yang lagi memburu starlet GT Turbo
Tampilan starlet GT Turbo berwarna biru muda metalik ini benar-benar seger, karena semua aksesoris starlet GT sudah lengkap menempel di sekujur bodi mulai dari headlamp, grill, bemper advance GT, grill belakang GT dan spoiler ori GT Turbo.



Fitur Spesial :
- Pivot Turbo Timer
- Dump Valve Sarc (Penghasil Bunyi Cussss...)
- Console lingther bawah khas GT Turbo
- Double Din Slot Head Unit
- Garnish Original GT Turbo
- Spoiler Belakang Original GT Turbo
- Dashboard & Speedometer GT Turbo with Climate Control A/C
- Original Wheel Steering GT Turbo
- Stick Switch Panel Wiper Original GT Turbo
- Bumper depan model Advance GT Turbo with downside skirt
- Fog Lamp lebih besar

Hal yang menarik dari starlet GT Turbo ini walaupun sudah menggunakan mesin injeksi turbo 4E-FTE tapi tetap menggunakan blok mesin asli starlet 2E bawaan standard mobil ini dan boleh dibilang ini adalah mesin 4E(2E)-FTE he..he..he... dengan demikian untuk urusan surat-surat BPKB dan STNK otomatis tidak perlu ada perubahan semua nomer blok mesin dan nomor rangka akur sesuai data BPKB jadi tidak ada alasan polisi menangkap dan menyita mobil bermesin turbo ini he..he..he...

Aksesoris penunjang lainnya adalah digunakannya TURBO TIMER dari pivot dan DUMP VALVE produk dari SARC. Aksesoris ini semakin mempertegas kesan Turbo, suara yang dihasilkan saat pedal gas di bejek dan dilepaskan sangat impressive suara keras CUSS....CUSS....CUSSSS sangat keras dan jelas terdengar dari jarak 10 meter.

Harga yang ditawarkanpun tergolong sangat murah untuk ukuran starlet GT, dan tidak lebih mahal dari harga sebuah starlet turbolook 1.3SEG keluaran tahun '97.

Buat yang serius segeralah kontak starno, dan benar-benar siapa cepat dia akan dapatkan segalanya.....!!

Untuk lihat mobil harus janjian terlebih dahulu... harus panjer uang muka maklum ini adalah barang titipan hanya buat peminat super serius, sori untuk yang cuma lihat-lihat dan coba-coba tidak bisa...he.he.he... kondisi mobil dijamin sangat memuaskan.


Spesifikasi Mesin Varian Starlet:


Toyota Starlet Glanza V (EP91 1996-1999) / Toyota Starlet GT Turbo (EP82 1990-1995)

4EFTE Toyota Starlet Glanza V (1998, 1999)
Displacement: 1331CC
5 Speed Manual or Automatic
Turbocharged CT-9B
BHP: 135@6400RPM (96'97 Glanza V=133BHP)
TORQUE: 116@4800RPM
CR: 8:2:1
DOHC

4EFTE Toyota Starlet GT Turbo
Displacement: 1331CC
5 Speed Manual or Automatic
Turbocharged CT-9A
BHP: 133@6400RPM
TORQUE: 116@4800RPM
CR: 8:2:1
DOHC

Toyota Starlet Reflet/SR/ and Common Variations
2E Carb Engine
Displacement: 1295CC
4 & 5 Speed Manual or Automatic
BHP: 65-82BHP depending on Year
Torque:Depending on Year
CR: 9:3:1
SOHC

4EFE

Displacement: 1331CC
4 & 5 Speed Manual or Automatic
BHP: 75-99BHP depending on Year
Torque: Depending on Year
CR: 9:6:1
DOHC

Toyota Starlet Glanza S / Toyota Starlet Gi
4EFE
Displacement: 1331CC
5 Speed Manual or Automatic
BHP: 80-99BHP Depending on Year
Torque: Depending on Year
CR: 9:6:1
DOHC


Salam Turbooo.....
Starno72
021-32929696

Dampak Penggunaan Water Injection

Apakah betul bisa tambah tenaga, pembakaran sempurna, hemat bbm?

Diantara starleters masih banyak yang menanyakan apakah water injection benar-benar menambah tenaga, kurangi polusi, hemat bbm ?

Sebetulnya jawaban pertanyaan itu banyak sekali di ulas di beberapa website dengan cara memasukan kunci water injection di mesin pencari google.com

Tapi baiklah mungkin beberapa ada yang gak mau repot mencari, paling tidak sekilas uraian dibawah ini dapat sedikit menjelaskan efek water injection terhadap mesin.




Sekedar tambahan tentang cara hasil pengukuran dengan gas analyzer:
1.Lambda = 1 artinya campuran BBM : udara adalah ideal yaitu = 1 : 14,7
Bila Lambda 1 berarti campuran kurus atau BBM kurang dari takaran semestinya.
Untuk idle dan akselerasi, butuh campuran gemuk.
Tapi saat rpm 2000 an proses pembakaran menjadi lebih ideal, tak perlu campuran yang gemuk.

2.CO2 dapat digunakan sebagai indikator pembakaran.
Bila CO2 semakin mendekati 14, maka proses pembakaran semakin sempurna.
Ingat, pencampuran dan pembakaran HC (= BBM) + O2 (= udara) akan menghasilkan CO2 dan H2O.
Jadi semakin besar prosentase CO2 yang dihasilkan, maka berarti mengindikasikan proses pembakaran yang semakin sempurna.

3.O2, CO dan HC merupakan sisa pembakaran (yang tidak sempurna).
Semakin kecil prosentase CO dan HC, berarti semakin sempurna proses pembakarannya.

4.Mesin mobil punya ciri: proses pembakaran pada torsi maksimum adalah yang paling sempurna.
Tabel hasil pengukuran gas buang menunjukkan bahwa proses pembakaran pada rpm 2000 an lebih baik daripada rpm 1000 an.

5.Baik-buruknya gas buang tidak selalu identik dengan konsumsi BBM. Tapi pembakaran yang sempurna tentu lebih menghasilkan tenaga daripada pembakaran yang tidak sempurna.

6.Penggunaan Water Injection semestinya bisa mempengaruhi (secara signifikan) proses pembakaran dan dapat terlihat pada hasil pengukuran gas buang. Beberapa praktisi telah mengakui bahwa penggunaan HHO (hidrogen) menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap sisa pembakaran (CO dan HC).

Foto dan penjelasan diatas hanyalah menjelaskan secara umum efek mesin yang menggunakan water injection. Dan dari penjelasan umum diatas dapat disimpulkan bahwa benar aplikasi water injection di kendaraan mobil atau motor yang bermesin sehat dapat menekan polusi gas buang, menambah torsi mesin, sekaligus menghemat bbm karena pembakaran lebih sempurna.

Sumber:
- www.saft7.com (water injection vs emisi gas buang
- http://wrain.panglimaorganizer.com/forum/gambar/EMISI.jpg

Masa Depan Toyota Starlet Kapsul

Polusi nol persen, tidak berisik dan gak perlu bensin
Menyongsong tahun 2025 nanti, diperkirakan semua kendaraan bermotor akan menggunakan tenaga listrik sebagai pengganti tenaga mesin yang menghasilkan polusi suara dan udara yang sangat tinggi.

Bagaimana nasib starlet kita?

Tenang gak perlu khawatir, starlet tetap memiliki harga jual yang tetap tinggi :) setidaknya starleters bisa meng-adopsi alih teknologi listrik dengan tepat guna seperti foto-foto dibawah ini:


Motor listrik berkekuatan 40 tenaga kuda dapat mencapai putaran 7500RPM akan menggantikan mesin bakar starlet konvensional, aplikasi mudah hanya tinggal menempelkan motor listrik ke gearbox, tidak ada modifikasi sistem transmisi, jadi sangat mudah dilakukan.


Karena sudah menggunakan motor listrik maka tidak memerlukan perangkat kopling lagi, kopling di set mati pada posisi gear 2 konstan.



Dengan menggunakan 12 buah aki berkapasitas besar yang memiliki tegangan 72 volts, membuat motor listrik mampu menerbangkan starlet hingga top speed 80km/h, dengan jarak tempuh saat aki penuh mencapai 75kilometer. Manajemen sistem motor listrik juga diatur oleh sebuah unit CPU komputer yang memiliki prosesor pentium III, dengan demikian pengaturan bisa dilakukan secara efektif.



Nah sekarang penutup bensin sudah berupa steker listrik, gak perlu repot-repot cari bensin, cukup colok steker listrik dari rumah satu malam, paginya tinggal jrengg... mobil jalan nyaris tanpa suara....zinggggggg...

Gimana apa ada yang berminat?


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Tips - Modifikasi Saklar Power Window

Mangatasi Masalah AUTO Saklar Utama Power Window Starkap
Buat pemilik starlet yang bertipe SE-Limited atau SEG, secara lahiriah sudah dilengkapi dengan piranti power window. Seiring dengan umur, kerap power window mengalami masalah terutama untuk kaca jendela power window pintu pengemudi/sopir yang sering sekali bermasalah karena memang frekwensi pemakaiannya sangat sering. Biasanya kerusakan yang timbul adalah motor power window sudah rusak atau saklarnya sudah terbakar.

Saklar "AUTO" Power Window

Saklar AUTO adalah saklar yang memiliki fungsi otomatis menutup/membuka jendela secara full hanya dengan sekali tekan. Biasanya saklar ini hanya untuk bagian kaca jendela pengemudi/sopir. Tentu fungsi utamanya adalah memudahkan pengemudi membuka dan menutup kaca jendela saat membayar karcis parkir atau bayar TOL. Saklar ini memiliki 2 step, 1 step manual dan 1 step lagi AUTO dengan cari menekan agak dalam atau menarik agak keatas. Bagi teknisi spesialis power windows masalah saklar AUTO ini sudah menjadi 'rahasia umum' sering bermasalah, dan teknisi biasanya lebih suka me-non aktifkan saklar AUTO dengan cara memutuskan kabel solenoid penahan saklar dan ini untuk mencegah rusaknya saklar atau bahkan motor power window nya terbakar. Alasan me-non aktifkan fungsi ini bukan tanpa alasan, sebabnya adalah saat saklar AUTO ditekan, saklar akan terus menerus mengirimkan aliran listrik ke motor power window walau jendela sudah menutup/membuka 100%. Jelas ini bisa akibatkan konsleting/shorcut kabel atau terbakarnya motor, karena listrik yang disalurkan juga lumayan besar sekitar 7 Ampere, arus listrik sebesar ini potensial membuat saklar atau motor power window terbakar dalam waktu yant tidak terlalu lama :( ...


Teknisi spesialis power windows biasa 'mengakali' bagian ini dengan cara me-non aktifkan modul AUTO saklar.



Menggunakan OVERLOAD a/c split rumah
Ide awal menggunakan komponen ini adalah melihat sistem A/C split rumah yang pada saat listrik mati, kemudian dinyalakan kembali kompresor A/C split tidak akan langsung bekerja karena diputus oleh alat OVERLOAD ini, fungsinya melindungi motor dari beban yang terlalu besar. Ilmu ini didapatkan karena kebetulan kakak saya adalah pemilik bengkel spesialis A/C rumah dan Mobil he..he..he.. nyolong ilmu dikit gak masalah kan untuk bagi pengalaman.



Komponen yang digunakan adalah OVERLOADER dari sebuah A/C split 1/2 PK, yang bisa didapatkan dengan harga 10 ribu rupiah saja :), Cara kerja alat ini layaknya thermal switch yang disebabkan oleh overload atau kelebihan beban, saklar ini akan segera memutus aliran listrik untuk 'beberapa' saat bila terjadi overload, dan kemudian menyambung kembali.

Dipasang secara seri dengan kabel yang menuju saklar utama, alat ini sangat mudah dipasang, tinggal menyambung saja dan rapikan, selesai sudah.

Nah sekarang, saklar power window dan motor power window akan aman dari kemungkinan terbakar karena beban yang berlebih.

Selamat Mencoba,

Starno72
021-32929696

Lampu Indikator Dashboard Meter

Membaca Lampu Indikator
Walaupun sebagian besar starleters sudah memahami lampu indikator pada dashboard meter, ada juga beberapa yang kurang paham fungsi indikator lampu tersebut. Dibawah ini sedikit penjelasan fungsi masing-masing lampu indikator.



Pada kondisi normal mobil saat mobil berjalan, seluruh lampu indikator harus dalam keadaan mati. Bila salah satu ada yang menyala itu pertanda pemilik harus waspada dan segera melakukan tindakan antisipasi,misalkan lampu indikator minyak rem menyala artinya minyak rem berada pada level yang paling rendah, segera ambil tindakan menambah minyak rem atau lakukan servis bila terdapat kebocoran. Contoh lain adalah lampu indikator pengisian dinamo ampere yang berbentuk gambar aki, bila menyala pertanda pengisian listrik ke-aki bermasalah, dan harus segera diperbaiki.

Beberapa lampu indikator memang tidak di-fungsikan saat mobil dirakit atas pertimbangan fungsi dan tujuan.


Dengan memahami lampu indikator dashboard meter, diharapkan pemilik bisa melakukan antisipasi atas kondisi mobil, menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Si Kembar Beda Tipe

Toyota Starlet 1.3SE dan 1.3SEG '95
Varian starlet yang masih sangat banyak berkeliaran yaitu starlet kapsul 1995 memiliki 2 varian tipe SE dan SEG. Seperti kebanyakan tipe toyota lainnya tipe SEG adalah tipe yang memiliki fitur lebih lengkap seperti power-steering dan power-window yang tidak dimilik varian SE lainnya.

Salah satu jajaran starlet kapsul yang memiliki penampilan paling manis adalah toyota starlet keluaran 1995 ini, garis gril dan bemper memiliki lekuk dan bentuk yang sangat manis, ditambah model stop lamp yang sudah pisah, menjadikan starlet kapsul ini jadi incaran kaum hawa ;)

Toyota Starlet 1.3SE '1995


Toyota Starlet 1.3SEG '1995



Pasang Bubble Water Injection

Untuk menyempurnakan dan memperbaiki proses pembakaran kedua starlet kembar ini dipasang bubble water injection, aplikasi ini sangat mudah dipasang untuk setiap varian starlet baik yang mesin 1E atau 2E. Pemasangan bubble water injection akan memberikan efek "dingin" buat ruang bakar hingga kerak sisa pembakaran yang menempel pada dinding ruang bakar dalam slinder dapat dikurangi lebih efektif, hasilnya pembakaran selalu lebih bersih, mengurangi polusi, busi awet, power bawah meningkat, dan konsumsi bbm irit hingga 20%. Dan satu hal lagi yang menarik pemakaian bubble water injection ini tidak memerlukan penambahan air sama sekali, air akan selalu tersedia didalam tabung dari proses kondensasi sistem A/C mobil yang bersih dan murni.

Tuning Semi Sport

Mesin standard toyota starlet keluaran '95 yang sudah dilengkapi dengan CDI dan Auto Choke(cuk otomatis) ini, memiliki performa mesin yang lumayan bagus dan top speed lebih baik. Akan tetapi seiring dengan bertambahnya umur dan perawatan berkala, kemampuan mesin pasti akan berkurang. Dan untuk mengembalikan stamina mesin agar lebih baik dan kembali muda hal dilakukan adalah dengan melakukan tuning semi sports. Tuning semi sports ini meliputi semua penyetelan mesin, mulai dari penyetelan karburator, penyetelan klep mesin, dan penyetelan derajat pengapian. Ketiga komponen ini sangat menentukan dalam menentukan performa mesin. Penyetelan yang kurang tepat berakibat tenaga kurang, akselerasi lambat, top speed kurang dan bahan bakar lebih boros. Tuning semi sports bukan tuning biasa karena hasil yang didapat sangat luar biasa.

Seperti yang dituturkan oleh Pak Himawan pemilik starlet 1.3SE '95 setelah dilakukan tuning semi sports dan aplikasi bubble water injection mengatakan beberapa jam setelah uji coba dijalan tol setelah tuning mesin gampang sekali digeber hingga 150km/h masih bisa lebih dan akseleresi terasa sangat ringan, dulu sebelum di-tuning lari 120km/h saja sudah sangat sulit dan berat.


Salam Starleters
Starno72
021-32929696

Ganti Kopling Set Toyota Starlet

Kopling Geter Bodi Gemeteran
Bila sudah merasakan pedal kopling berat, sentakan kopling sudah terasa kasar dan bergetar keras terutama saat kondisi jalan macet, hingga terasa keseluruh bodi, sudah menandakan kopling harus segera diganti.

Bongkar kopling Bongkar As Roda
Sebagai penganut penggerak roda depan, bongkar kopling turunkan gearbox berarti juga membongkar as roda. Ada baiknya saat pembongkaran dilakukan pengecekan apakah karet bot as roda masih dalam kondisi bagus atau tidak, ganti saja bila sudah terlihat ada tanda-tanda retak, menghindari dobel ongkos pembongkaran. Lamanya pembongkaran kopling ini biasanya setengah hari selesai.







Ganti Kopling Set
Untuk hasil maksimal ganti kopling harus dilakukan secara menyeluruh, dalam arti komponen yang diganti harus lengkap mulai dari plat kopling, dekrup, dek laher dan sil kruk as. Penggantian yang dilakukan tidak lengkap akan akibatkan hasil yang tidak bisa diduga dan tidak maksimal.

Jangan lupa setelah melakukan penggantian, minya kopling juga harus dikuras/diganti, agar kinerja kopling optimal, sekaligus pedal terasa lebih ringan.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Spooring & Balancing Toyota Starlet

Perlunya Spooring & Balancing
Masih wajar jika mobil bergetar atau bergoyang saat melintasi permukaan jalan yang tidak rata. Tapi, jika melintas di atas jalan mulus mobil bergetar, sebagai pengendara kita musti mulai waspada. Selain kurang nyaman, getaran seperti ini menandakan ada masalah di seputar ban.

Tuduhan pertama yang diarahkan para teknisi jika kasus seperti ini muncul biasanya adalah perlunya spooring dan balancing. Tapi ternyata penyebab kasus seperti di atas bukan hanya itu. Getaran bisa saja terjadi meskipun ban telah di-spooring dan balancing.



Bila spooring dilakukan dengan benar, maka tingkat keausan ban juga akan lebih merata, selain itu kestabilan pengendalian pada kecepatan tinggi juga bertambah baik, gejala oleng atau geol-geol saat memacu diatas 100km/h hilang sama sekali. Mobil akan terasa stabil dan aman dipacu hingga 150km/h.


Kondisi dan Kualitas Ban Juga Menentukan

Salah satu penyebab lain munculnya getaran adalah ban benjol atau bergelombang (permukaan ban tidak rata). Jika benjolannya kecil, umumnya getaran akan terasa pada kecepatan sedang (sekitar 60-80 km/jam). Namun, pada benjolan yang ekstrem efeknya bisa menyebabkan mobil terasa bergoyang. Bahkan, jika benjolan ekstrem ini ada di ban depan, pengaruhnya akan mengakibatkan kemudi bergetar.

Karena itu, seandainya mobil terasa bergetar padahal kondisi jalan mulus, jangan lupa periksa ban-ban mobil Anda. Periksa secara fisik. Ban yang benjol akan terasa saat kita raba dengan tangan. Pemeriksaan akan lebih akurat jika kendaraan diangkat hingga roda-roda kendaraan naik. Kemudian putar ban perlahan lahan. Putaran ban yang benjol akan terlihat tidak simetris. Bagian yang menonjol akan cenderung bergerak ke arah luar.

Satu-satunya cara mengatasi getaran akibat ban benjol adalah mengganti dengan ban baru.

Ada dua hal yang seringkali memicu benjolan di ban. Pertama, pengereman mendadak. Pada kendaraan yang belum menggunakan ABS (anti lock braking system), pengereman mendadak akan membuat ban “terkunci” sehingga permukaan ban tertentu mengalami gesekan yang lebih kuat dari permukaan lain. Gesekan ini menyebabkan kembang ban aus yang memudahkan munculnya benjolan.

Kedua, shock breaker yang sudah rusak. Shock breaker yang kurang sempurna membuat body mobil berayun. Ayunan yang berlebih ini dapat mengakibatkan beban tekanan yang tidak sama pada permukaan ban.

Namun, jangan khawatir. Jika Anda tergolong pengendara yang hati-hati dalam memilih ban, kasus ban benjol mustinya tidak pernah terjadi. Sebab, penyebab terbesar yang memicu benjol adalah faktor kualitas. Ban benjol umumnya terjadi pada ban-ban dengan kualitas rendah.

Sumber:Astraworld


Salam Starleters
Starno72
021-32929696

Ukuran Ban Toyota Starlet Velg 14 & 15

Ukuran Ban Tepat Speedometer Akurat

Bagi seluruh starleters, penggantian velg standard Ring 13 ke-ukuran Ring diatasnya baik Ring 14 dan 15 adalah hal yang biasa dilakukan. Akan tetapi pemilihan ukuran ban yang tepat juga menjadi kunci performa toyota starlet. Tapak ban yang terlalu besar akan berakibat daya gesek semakin tinggi dan beban akselerasi bertambah berat, selain itu speedometer juga akan menyimpang dari standard. Tentunya selain memilih ukuran ban yang tepat juga ukuran offset velg toyota starlet adalah 40 menghindari ban mentok sasis.



Setelah dilakukan konversi ukuran ban standard dari ring 13 ke 14 dan 15 maka didapatkan ukuran konversi yang mendekati dengan ukuran lingkar luar ban standard ring 13 aslinya starlet.

Ukuran konversi ban ring 13 adalah sbb:

- Ring 14 menggunakan ukuran 175/65 R14
- Ring 15 menggunakan ukuran 185/55 R15

Ukuran ban tersebut diatas tidak akan membuat speedometer starlet salah ukur.

Selamat memilih.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Aksesoris Toyota Starlet

Original Aksesoris Copotan Starlet Layak Pakai

GT Stoplamp & Grill

Bikin beda tampilan mudah saja, tinggal ganti lampu belakang starlet model GT, kesan built up akan segera terpancar.
Stoplamp dan grill ini hanya cocok untuk starlet keluaran tahun 94 kebawah.


Spion Elektrik Starlet Glanza
Buat pemilik starlet yang berkode EP91 atau starlet glanza termasuk sulit mencari parts ini, maklum parts ini memang gak dijual di indonesia. Tapi buat pemilik starlet kapsul yang ingin menggunakan pun tetap bisa dengan memodifikasi sedikit dudukan batang spion.


Saklar Utama Power Window
Karena umur dan pemakaian, saklar utama power window kerap sering bermasalah, utamanya saklar AUTO sudah tidak berfungsi, atau saklar sama sekali tidak bekerja, kalau sudah begini ganti saja dengan parts copotan starlet, cukup murah kok. Pemasangan kabel yang salah juga dapat menyebabkan kerusakan saklar utama power window ini, biasanya saklar AUTO akan terus menyuplai arus listrik meskin kaca sudah penuh tertutup atau terbuka, akibatnya motor cepat terbakar atau saklar yang jebol. Perlu diperhatikan pemasangan, lebih baik sama bengkel yang paham betul soal saklar power window ini.


Bagi starleters yang berminat dengan aksesoris diatas atau ingin berkonsulstasi masalah kelistrikan starlet silahkan hubungi starno72.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Starko Pasang CDI dan Bubble Water Injection

Meningkatkan Kemampuan Pembakaran Mesin
Starlet kapsul keluaran tahun '94 kebawah dan starlet kotak biasanya masih menggunakan delko platina sebagai sistem pengapian mesin. Delko platina banyak memiliki kelemahan diantaranya karena dia berupa kontak poin mekanis yang pasti akan haus/rusak dalam waktu beberapa bulan pemakaian saja. Kelemahan ini memang agak merepotkan pemiliknya karena harus rutin minimal 6 bulan sekali ganti platina dan kondensor bila ingin mesin selalu bekerja prima. Selain itu performa delko platina kurang maksimal untuk putaran mesin tinggi karena hanya mengandalkan gerakan dan gesekan mekanis yang rentan berubah dan kurang akurat.


"Starlet 1.3SE produksi 1987 ini menurut pemiliknya adalah barang simpanan dan baru menempuh jarak 12 ribu kilometer saja, terlihat dari sosoknya yang masih berbau orisinal starlet, bemper, cat, velg dan interior semua masih orisinal dalam kondisi sangat baik, kalo ada peminat harga cocok mau dilepas juga nih... ujar pemiliknya dengan bangga....hmmm memang benar-benar istimewa dan langka."

Solusinya adalah mengganti delko platina dengan delko CDI copotan starlet. Aplikasi CDI buat starlet kotak sangat mudah sekali karena hanya tinggal pasang tanpa sedikitpun merubah komponen mesin. Hal yang perlu dilakukan hanyalah mengatur ulang kabel delko dan selang vakum.


Pasang Bubble Water Injection

Sebagai penunjang memperbaiki kinerja pembakaran, dipasanglah bubble water injection untuk memberikan efek mesin "adem" membersihkan ruang bakar dan irit walau kondisi jalan macet.


Bubble water injection ini memang khusus dirancang untuk starlet bermesin 2E/1E dimana cara pemasangannya sangat simpel dan praktis, bahkan bagi starleters awam sekalipun, hanya Plug & Play.... langsung water injection bekerja tanpa perlu ditambah air selamanya.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Mengatasi Kebocoran Oli Mesin Starlet

Solusi Tuntas Atasi Kebocoran Oli Mesin
Sejalan dengan usia pemakaian komponen, bagi starleters pasti pernah mengalami oli bocor yang kerap menetes membasahi lantai garasi rumah starleters setiap hari. Gejala itu sudah merupakan tanda terjadi kebocoran perapat oli / sil oli yang biasanya akan melemah seiring usia pemakaian.





Foto dibawah ini menunjukan bagian yang kerap kali bocor:


Sil karet sebagai penyekat oli akan mengalami perubahan fisik, yang tadinya lentur menjadi keras dan getas karena kondisi panas mesin ditambah dengan tekanan dari mesin, hasilnya sil oli tidak mampu lagi menahan oli mesin, dan akibatnya oli akan senantiasa membasahi bagian bawah mesin. Umur sil oli ini biasanya antara 3 - 5 tahun pemakaian.



Rekomendasi Ganti Timing Belt juga Ganti Sil Oli
Ada baiknya saat mengganti timing belt juga dilakukan penggantian sil oli agar tidak terjadi dobel ongkos saat melakukan servis. Berikut ini parts yang disarankan untuk diganti saat mengganti timing belt :
- Timing Belt
- Laher dan Tensioner T-Belt
- Sil penutup klep
- Sil noken as
- Sil kruk as depan
- Sil pompa oli
- O-ring pompa oli




Mesin starlet 2E/1E tidak memiliki sil karet karter/bak oli. Sebagai gantinya digunakan pasta/lem silikon tahan panas tinggi yang biasa dijual di toko onderdil sebagai perapat/penyekat antara karter(bak oli) dengan blok mesin.

Foto salah satu pasien starno yang mengalami kebocoran oli mesin:


Selalu gunakan parts orisinal toyota untuk bagian vital mesin, untuk menjamin daya tahan pemakaian dan kepuasan.


Salam Starleters,
021-32929696

Anomali Jarum Meter Bensin Starlet

Terkesan Bensin Starlet Sangat Boros
Buat yang baru pakai starlet pasti pernah bingung membaca jarum meter bensin cepat sekali turun padahal baru berjalan tidak terlalu jauh. Setelah diselidiki ternyata jarum penunjuk meter bensin starlet punya sedikit keanehan terutama pada posisi jarum meter bensin strip 2 hingga ke strip 1, ternyata penurunan nya tidak proposional. Baru jalan sekitar 25-30 kilometer posisi jarum meter bensin sudah berada pada strip 1. Seperti tampak pada foto dibawah ini:



Ternyata penurunan jarum meter bensin pada strip 2 ke strip 1 terlalu cepat sekali padahal hanya sekitar 3 liter bensin yang terpakai, jadi seolah konsumsi bensin sangat boros bila berpatokan hanya pada jarum bensin.

Menurut analisa penyebab jarum meter bensin turun tidak proporsional disebabkan oleh bentuk tangki bensin yang tidak 100% kotak, banyak lekukan tangki bensin yang disesuaikan dengan konstruksi bodi mobil starlet sehingga pembacaan meter bensin pada kondisi tertentu memang tidak proporsional. Penyebab lain adalah jumlah lilitan kawat sensor pelampung bensin pada posisi bawah sangat sedikit sehingga memepengaruhi pembacaan jarum meter bensin.

Dengan memahami keanehan jarum meter bensin ini paling tidak starleters bisa mengira-ngira pemakaian bensin dan kapan waktunya harus isi bensi supaya tidak terjebak atau menduga-duga sepertinya bensin boros.

Berapa liter lagi bensin tersisa saat lampu peringatan menyala ?
Seperti yang ditunjukan pada gambar 3, indikator lampu peringatan bensin menyala menandakan harus segera di isi kembali. Tangki bensin starlet memiliki cadangan bensin sekitar 5 liter saat lampu peringatan menyala. Jadi jangan terlalu cemas saat indikator lampu meter bensin menyala, masih ada cadangan/waktu untuk menuju ke pom bensin yang berjarak kurang lebih 25-50 kilometer sebelum mobil mogok total :)


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Pasang Water Injection Baru

Dilengkapi Tabung Pencampur Air dan Udara

Aplikasi Water Injection sudah umum diketahui sebagai penambah tenaga dan penghemat bahan bakar. Walau begitu aplikasi water injection berbeda-beda mulai dari stage I hingga Stage IV yang sudah dilengkapi dengan komputerisasi.

Starno Water Injection adalah aplikasi water injection stage I yang memanfaatkan vakum mesin sebagai sarana injeksi air kedalam bahan bakar tanpa motor ataupun listrik tambahan, hasilnya selain lebih murah dan efektif kerjanya dan bebas perawatan karena tidak perlu menambah air sampai kapanpun.

Kelebihan Starno Water Injection :
- Water Injection sudah bekerja saat mesin stasionner
- Tidak perlu tambah air apapun
- Lebih mudah pemasangannya (tingkat kegagalan pasang kecil sekali)
- Tidak memerlukan listrik tambahan
- Bebas Perawatan, tidak akan menyebabkan karat mesin/knalpot/water hammer.
- Tabung pencampur air dan udara memudahkan air menyebar rata saat masuk ruang bakar

Dengan kelebihan diatas, starno water injection lebih sesuai dan efektif dengan kondisi jalanan di kota-kota besar yang sering mengalami kemacetan, dimana putaran mesin lebih banyak bekerja pada putaran rendah disamping ruang bakar lebih 'adem' saat macet karena temperatur ruang bakar berhasil diturunkan oleh air murni yang disuntikan. Produk water injection lain hanya bekerja pada putaran tertentu biasanya diatas 2500RPM, sehingga kurang efektif untuk kondisi macet stop and go.

Hanya Tersedia Untuk Starlet 2E/1E
Starno water injection hanya khusus untuk toyota starlet karburator dan tidak bisa dipasang untuk mobil lain karena konstruksi dan sistem pengaturan injeksi air hanya cocok untuk toyota starlet yang masih menggunakan sistem karburator. Selain itu Starno Water Injection hanya bisa dipasang pada starlet yang memiliki sistem pendingin udara A/C dalam kondisi baik dan normal ( A/C masih dingin ).



Penambahan Tabung ini yang membedakan Wa-i model baru :


Perbedaan Water Injection Lama dan Baru :
- Wa-i baru memilik tabung pencampur air dan udara
- Wa-i baru memanfaatkan selang vakum yang lebih besar
Selebihnya tidak ada perbedaan antara wa-i lama dan baru.

Harga Wa-i model baru (Limited) Rp.300rb pengiriman seluruh indonesia, sedangkan untuk daerah jakarta dan sekitarnya dapat potongan diskon Rp.50 rb. sudah berikut pemasangan hanya 15 menit.
Pastikan kondisi A/C starlet dalam kondisi Normal/Dingin. Untuk konsultasi dan masalah wa-i silahkan hubungi starno.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Memilih Aki Toyota Starlet

Rekomendasi Aki Tebaik Untuk Starlet

Jenis Aki Dipasaran :
- Konvensional
- Hybrid
- MF - Maintenance Free
- Aki Kering / Gel



Type aki yang sangat direkomendasikan adalah GS type 46B24L 12V-45Amp
Harga Rp.559rb. bisa diperoleh di seluruh toko onderdil mobil dimanapun.

Perawatan bisa lebih minim gak perlu sering tambah air aki.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Starlet Weekend Services

Saatnya Benahi kaki starlet hingga turun kopling

Kondisi jalan sekarang ini yang macetnya semakin parah, banyaknya jalanan berlubang dan rusak parah membuat mobil kesayangan starleters harus direkondisi kembali agar terhindar dari masalah dalam perjalanan. Belum lagi ditambah banyaknya jalan yang tergenang air hingga batas setengah ban, kondisi ini dapat membuat sistem suspensi dan sistem transmisi mengalami gangguan karena air kotor itu masuk kedalam celah-celah yang seharus nya tidak boleh masuk air. Keluhan ini juga dirasakan oleh seorang starleters bro Cesar yang juga member ISC ( Indonesian Starlet Club ), merasakan kaki-kaki rada gak enak ada bunyi aneh-aneh dan benar saja setelah di periksa ternyata long tie rod sebelah kiri sudah oblak, bahkan cakram rem depan kondisi sudah baret sangat parah hingga perlu di lakukan slip disc dan penggantian kanvas rem depan dan belakang, dan ongkos biaya service berikut parts hanya Rp.1 jt. ada diskon khusus buat member ISC :)




Tak Usah Risau
Tapi buat semua starleters gak perlu khawatir, membuat tunggangan kesayangan kembali seger dan prima tidah harus mengeluarkan kocek yang terlalu mahal, apalagi spareparts toyota sangat banyak tersedia dipasaran mulai dari yang orisinal toyota hingga produk keluaran jepang. Untuk parts vital starno selalu menganjurkan untuk menggunakan komponen orisinal toyota walau harga diatas pasaran tapi kepuasan pasti terbayarkan bila gunakan parts asli toyota.


Paket Ganti Kopling Starno
Seiring dengan tuntutan pemilik starleters agar kondisi mobil tetap prima dan seger kembali, starno telah menyediakan paket ganti kompling satu hari kelar dengan pengerjaan, parts orisinal dan pengerjaan yang comprehensive meliputi penggantian parts :
- Plat kopling
- Dekrup
- Dek laher
- Sil kruk as
- Kuras minyak master Kopling
- Ganti Oli Persneling (Harga oli diluar paket)

Dengan pengerjaan yang comprehensive, hasilnya juga akan lebih memuaskan dan tidak lagi ada rasa ragu memilih komponen apa saja yang harus diganti. Biaya pengerjaan dan pembelian komponen paket ganti kopling Rp. 1,5 jt. harga yang sangat terjangkau dan yang paling penting adalah kepuasan.

Value Added Services/LF Porting
Selain paket ganti kopling seperti dijelaskan diatas, starno juga memberikan service yang bersifat opsional ( sesuai keinginan starleters ), seperti yang diinginkan, oleh pemilik starlet kaskuser keluaran tahun 97 ini, ingin agar tarikan mesin lebih ringan dengan cara "LIGHTENED FLYWHEEL". services ini diberikan gratis (hanya dikenakan biaya porting flywheel Rp.100rb.) karena sudah sekalian dengan jasa bongkar kopling hasilnya biaya upgrade performance mesin bisa lebih murah.
Starno sudah memiliki hitungan LF tersendiri, perhitungan ini dilakukan agar impact/dampak buruk untuk tunggangan harian tidak terjadi, seperti sudah jadi rahasia umum bila melakukan LF tarikan mesin akan loyo khusus pada jalan tanjakan.


Foto dibawah ini menunjukan proses LF :





Dan hasil akhir yang akan didapatkan adalah kinerja kopling yang kembali prima dan kemampuan akselerasi mobil yang semakin baik.

Berikut ini kesan pemiliknya :
gw sekalian mau report. kmrn my blue starlie overhaul kopling set di starno72. alhasil ternyata my blue starlie lum pernah dibongkar gearboxnya. kampas kopling yg lama udah agak tipis dan udah getas kampasnya dan per-pernya udah oblak. dekrupnya jg udah kemakan. akhirnya diganti deh kopling set, sil kruk as, and sedikit sentuhan mas starno di flywheel. kopling set pake orsi toyota. hasilnya cukup menggembirakan. selesai overhaul lsg test balik ke bandung. tanjakan cipularang gigi 5 jadi gampang nyalip mobil lain. akselerasi ada peningkatan yg signifikan. gas dibejek dikit lsg narik. pedal kopling jadi enteng bgt. getaran waktu kopling dilepas jg ilang. oh iya, DC overhaul kopling paketan 1.5 jt. ( Starkap Biru Turbolook '97 - Hot2K )

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696